RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN KONSELING

29 09 2009
Dalam dunia pendidikan tentu kita mengenal mengenai bimbingan konseling, tujuan utama pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar, yaitu untuk membantu siswa agar dapat memenuhi tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek sosial pribadi, pendidikan dan karir sesuai dengan tuntutan lingkungan dan masyarakat, ada beberapa bidang garapan dari bimbingan dan konseling ini, bidang bimbingan yang akan diberikan meliputi tiga bidang garapan

adapun 3 bidang tersebut,yakni:
1. Bimbingan sosial pribadi yang memuat layanan bimbingan yang bersentuhan dengan:

  • Pemahaman diri.
  • Mengembangkan sikap positif
  • Membuat pilihan kegaiatan secara sehat
  • Menghargai orang lain
  • Mengembangkan rasa tanggungjawab 
  • Mengembangkan keterampilan hubungan antar pribadi
  • Keterampilan menyelesaikan masalah
  • Membuat keputusan secara baik
2. Bimbingan Pengembangan Pendidikan, memuat layanan yang berkenaan dengan:

  • Belajar yang benar
  • Menetapkan tujuan dan rencana pendidikan
  • Mencapai prestasi belajar secara optimal sesuai dengan bakat dan kemampuannyaKeterampilan untuk menghadapi ujian
  3. Bimbingan pengembangan karier, meliputi:
 
  • Mengenali macam-macam dan ciri-ciri berbagai jenis pekerjaan
  • Menentukan cita-cita dan merencanakan masa depan
  • Mengeksplorasi arah pekerjaan
  • Menyesuaikan keterampilan, kemampuan dan minat dengan jenis pekerjaan  
 Adapun menurut para ahli, layanan Bimbingan dan Konseling meliputi empat bidang garapan, seperti yang dikemukakan oleh Muro dan Kottman (Ahman, 1998;2530) yakni:
1. Layanan Dasar Bimbingan
Layanan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan dasar untuk kehidupannya, dengan muatan materi yakni

  • Self esteem
  • Motivasi berprestasi
  • Keterampilan pengambilan keputusan, merumuskan tujuan dan membuat perencanaan
  • Keterampilan pemecahan masalah
  • Kefektifan dalam hubungan antar pribadi
  • Keterampilan berkomunikasi
  • Keefektifan dalam memahami lintas budaya
  • Prilaku yang bertanggungjawab
2. Layanan responsif
Layanan ini bertujuan untuk mengintervensi masalah-masalah atau kepedulian siswa yang muncul segera dan dirasakan saat itu, berkenaan dengan masalah sosial pribadi dan karier atau masalah perkembangan pendidikan, muatan materinya mencakup:
  • Kesuksesan akademik
  • Kenakalan anak
  • Masalah putus sekolah
  • Kehadiran
  • Sikap dan prilaku terhadap sekolah
  • Hubungannya dengan teman sebaya
  • Keterampilan studi
  • Penyesuaian di sekolah baru
3. Sistem perencanaan individual
Tujuan layanan ini adalah membantu siswa untuk merencanakan, memonitor dan mengelola rencana pendidikan, karir dan pengembangan sosial pribadi oleh dirinya sendiri. Dengan kata lain, melalui sistem perencanaan individual siswa dapat:
  • Mempersiapkan pendidikan, karir, tujuan sosial pribadi yang didasarkan atas pengetahuan akan dirinya, informasi tentang sekolah, dunia kerja, dan masyarakat.
  • Merumuskan rencana untuk mencapai tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.
  • Menganalisis kekuatan dan kelemahan dirinya dalam rangka pencapaian tujuannya
  • Mengukur tingkat pencapaian tujuan dirinya
  • Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan dirinya
4. Sistem pendukung
Komponen sistem pendukung lebih diarahkan kepada pemberian layanan dan kegiatan manajemen yang secara tidak langsung bermanfaat bagi siswa. Layanan ini mencakup:
  • Konsultasi dengan guru-guru
  • Dukungan bagi program pendidikan orang tua dan upaya-upaya masyarakat
  • Partisipasi dalam kegiatan sekolah bagi peningkatan perencanaan dan tujuan
  • Implementasi dan program standarisasi instrumen tes
  • Kerja sama dalam melaksanakan riset yang relevan
  • Memberikan masukan terhadap pembuat keputusan dalam kurikulum pengajaran, berdasarkan perspektif siswa
Sumber
Furqon, Ph.D (editor). 2005. Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Muhibbin Syach, Drs., M.Ed. 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana Syaodih. Prof. Dr. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: